Desain vs Konten: Hikayat Logam Mulia dan Perhiasan


Dalam salah satu Majalah Business Week edisi April 2008, ada artikel menarik yang membahas perdebatan dua episentrum dalam bisnis web. Di satu sisi ada konten dan di sisi lain ada mesin pencari. Dua-duanya berdebat untuk dianggap menjadi faktor penentu keberhasilan sebuah situs portal.

Tulisan itu mengingatkan saya pada perdebatan panjang di era 90-an soal siapa yang lebih berpengaruh dalam dunia media cetak: konten atau desain? Entahlah, sepertinya sampai saat ini belum ada jawaban memuaskan soal itu.

Para penulis berkata bahwa isi adalah yang utama, sedangkan desain sebagus apapun tanpa isi yang berbobot akan membuat media seperti kacang yang tak berisi. Sebaliknya desainer meyakini bahwa desain adalah kunci untuk menarik orang membaca isi dan terus membacanya. Sebagus apapun tulisan, dengan penampilan yang buruk, akan menjauhkan pembaca bahkan sebelum mereka membaca kalimat pertama.

Suara yang lebih obyektif menyatakan bahwa desain bertugas untuk menarik pembaca datang utuk pertama kalinya, tetapi yang membuat pembaca bertahan adalah isi.

Bagi saya, desain dan isi tak bisa dibiarkan berdiri sendiri. Dua-duanya haus eksis dan dalam nilai yang baik untuk mendapatkan hasil yang baik. Salah satunya tampil buruk, akan merusak keberadaan media itu. Tentu saja baik dan buruk tidak bisa diukur dengan sebuah generalisasi. Ia menjadi baik manakala sesuai benar dengan tujuan, karkter audiens, posisioning yang diinginkan dan seterusnya.

Mudahnya, isi ibaratnya adalah logam mulia dan desain adalah bentuknya. Sebatang emas akan bernilai sangat tinggi apabila bentuknya diubah menjadi sebuah cincin yang elok. Tetapi seelok-eloknya bentuk cincin, jika bahannya besi tentu tak akan seberharga jika terbuat dari emas. Begitulah. ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s