Menjual Jasa Komunikasi


Kalau ada sekumpulan orang yang merasa beruntung dalam dunia jasa desain dan komunikasi, bisa jadi salah satu orang itu adalah saya. Maksud saya adalah, saya berkesempatan berada dalam dua buah kutub yang selamanya saling mengukur dan menjajagi untuk menemuan titik temu sehingga membuahkan kerjasama yang saling menguntungkan. Jelasnya, dulu saya menjual jasa sekarang saya dalam posisi membeli jasa desain.

Pada waktu itu dalam bendera Komunitas Pejaten Mediatama, kami menjual jasa yang kami sebut “Content Management” artinya segala sesuatu yang berurusan dengan penyediaan dan manajemen konten komunikasi apapun medianya, kami bisa melayani. Hampir lima tahun saya termasuk dalam tim kecil yang bergairah itu.

Kini, bekerja pada sebuah perusahaan Tbk yang memerlukan banyak pernak-pernik jasa komunikasi internal dan eksternal, pengetahuan saya bertambah saat memandang proses pengerjaan jasa ini dari sudut pandang yang berseberangan.

Apakah Company Profile Anda dibaca?
Saat ’membungkus’ barang dagangan untuk ditawarkan kepada calon klien, kita (maksudnya Anda) membayangkan bahwa informasi ini akan di baca dan dicermati secara lengkap. Kenyataannya, banyak para atasan yang tidak punya waktu untuk melihat apalagi memasukkan dalam list vendor yang akan dipanggilnya.

Profil usaha jasa kita akan dilihat oleh pengambil keputusan jika mereka perlu sebuah informasi yang benar-benar ia tidak tahu. Misalnya dengan banyaknya perusahaan desain grafis, kalau ada perusahaan yang menawarkan jasa animasi maka ia akan atensi terhadap penawaran seperti ini.

Sering keping CD menjadi ujung tombak jualan sebuah agensi. Padahal lebih banyak kping CD yang tak terjamah dibanding lembar cetakan yang berdisain bagus. (Saya sarankan Thumb Drive untk menggantikan CD, kasih bonus ilmu didalamnya seperti template presentasi yang bagus atau ide lain yang lebih ok.)

Apakah Anda membuat anak buah si bos jadi pandai?
Pada dasarnya orang-orang di bidang komunikasi adalah orang-orang yang terancam ‘bodoh’ karena dunia komunikasi itu terus maju dan seringkali meninggalkan kita-kita yang dalam setengah bulan ini tidak membacai info baru.

Jadi datangilah ‘orang-orang yang terancam bodoh’ itu dengan sebuah informasi komunikasi baru yang membuat seorang communications officer merasa lebih pintar dari manager-nya. Atau manager lebih up to date dari direkturnya. Maka Anda akan diingat. Diingat adalah faktor penting, karena untuk dipilih menjadi vendor kita perlu beberapa faktor lagi selain keberuntungan.
Apakah Anda menolong atau membebani Departemen Komunikasi?
Manajemen atau orang-orang yang berpikiran sempit sering mencap Departemen Komunikasi dalam sebuah perusahaan seringkali dipandang sebagai cost-center daripada profit-center jadi kehadiran kita jangan sampai membuat julukan sebagai cost-center itu benar-benar terbukti.

Sampaikan sebuah gagasan dengan rasional yang kuat. Bluffing yang kita buat hanya akan membuat kita terlempar ke deretan belakang kalau tidak keluar arena perebutan ‘proyek’ di perusahaan tersebut. Jika bos mereka tak bis aberbahasa Indonesia pastikan Departemen Komunikasi tak harus repot menjadi penerjemah Anda.

Apakah harga Anda senilai dan sesuai dengan bajet perusahaan?
Menentukan harga memang bukan hal yang sederhana. Pasanglah harga yang sesuai dengan nama Anda dan nama calon klien Anda. Murah bukanlah sesuatu yang menguntungkan. (Ssstt, kecuali Anda deal dengan departemen diluar Departemen Komunikasi.)

Jika kita perusahaan kecil menengah, untuk membuat harga Anda sesuai dengan layanan, berikanlah layanan yang `lengkap’ standar agency besar, seperti riset, dummy, FA, dan progressif proof.

Demikian sedikit pandangan dari ’dalam.’ ***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s