Mitos Hilang, Sadisme Berbilang


Andai saja saya ahli Psikologi sosial, atau paling tidak saya paham teori Mitos seperti dari Claude Levi-Strauss, Carl Jung dan sebagainya. Seandainya saya tahu psikoanalisa Freud dengan benar. Pasti kejadian-kejadian yang akan saya tulis ini langsung dapat dijelaskan dengan ilmiah. Sayang saya bukan orang itu.

Kejadiannya sebenarnya bisa dibilang ‘sepele’ (sepele saya beri tanda kutip karena dulunya hal ini bukan main-main, amat sangat serius!). Begini, dalam beberapa hari terakhir, beberapa kali saya menjumpai bangkai kucing yang tewas tertabrak kendaraan di jalan raya. Badannya hancur, tergeletak bersimbah darah.

Jaman dulu, pasti si penabrak tidak akan meninggalkan jasad kucing itu begitu saja. Karena saat itu mitosnya kalau bangkai kucing itu tidak dirawat, maka si penabrak akan terkena musibah.

Sekarang mitos itu sudah menipis dan nyaris hilang. Tetapi akibatnya banyak bangkai kucing terlantar di jalanan bahkan sampai terlindas berkali-kali dan hancur sebelum gepeng mengering.

Jadi kalau begitu mitos yang merasional telah melahirkan sebuah kesadisan baru yang justru menampilkan kengerian yang nyata, bukan mitos lagi. (Nah seharusnya disini teorinya masuk.)

Hantu-hantu telah masuk ke dunia layar kaca dan perak. Menghilangkan kengeriannya, tetapi sementara itu kesadisan para pembunuh gaya mutilasi semakin merajalela seperti mau memamerkan ketidaktakutan mereka atas darah, daging terkoyak dan nyawa yang melayang.

Otak masal kita sepertinya sedang sakit. Sadisme telah bercampur-baur dengan komedi dan hiburan hingga berpotensi mengaburkan batas-batasnya. Yang berbahaya jika orang dengan potensi kejahatan tinggi terasuki demam ini. Jadinya, sadisme yang luar biasa, dikerjakan dengan sangat tenang dan dinikmati. Masya Allah.***

Tinggalkan Balasan

