Taxi Driver


Ini tidak ada hubungannya dengan film garapan Martin Scorsese tahun 1976 yang diperani dengan amat sangat bagus oleh Robert DeNiro dan Jodie Foster. Posting-an ini hanya mau menceritakan kembali saat CNN mewawancarai beberapa sopir taksi di Washington DC mengenai pendapat mereka soal pilpres di sana. Sopir Taksi dianggap kelompok yang unik. Mereka adalah orang yang banyak bergaul dengan beragam orang, dan pendapat mereka terhadap kondisi negara seringkali mirip pengamat politik kampiun.

Di sini kondisinya tak jauh berbeda. Ngobrol dengan sopir hampir selalu menjadi kegiatan wajib saat melaju didalam Taksi. Apalagi mobilnya bersih wangi mesin terawat, wah rasanya harus menghargai lebih sang driver dengan mengajaknya menggosip.

Liputan CNN itu dibuka dengan shoot si reporter sedang mengejar taksi, aktingnya boleh juga seperti pemain miniseri. Kemudian wawancara dilakukan didalam kabin dengan angle yang cukup filmis. Nah, yang terlihat membedakan dengan kapasitas jurnalis TV kita adalah cara mereka wawancara live-nya. Saat wawancara, masih banyak jurnalis TV kita terjebak pada pertanyaan yang ngga penting semisal, “Banjir kali ini sebesar apa Pak?” padahal jelas-jelas dia mewawancarai narasumber korban banjir didepan rumah mereka yang terendam sampai pagar halaman.

Atau pertanyaan yang jawabannya dia sediakan, seperti ‚“Bagaimana Pak senang bisa diundang Presiden? Bapak bersedia diundang lagi?” atau pertanyaan yang jawabannya Ya dan tidak. Selesai.

Maka kebanyakan laporan reporter TV seperti terlihat dalam berita pagi siang dan sore adalah tanpa wawancara langsung. Yang ada hanyalah rekaman video dan narasi yang dibaca presenter atao VO sahaja.

Liputan soal sopir taksi dan pilpres ala CNN adalah salah satu potret kejelian jurnalis dalam memotret lingkup masalah. Dalam pemberitaan pilpres Amerika di televisi yang hingar bingar memang diperlukan bahan berita yang variatif yang kadangkala harus menukik tajam meninggalkan arus utama pemberitaan. Tetapi kemampuan jurnalis di lapangan saat meliput tetap paling menentukan hasil akhirnya.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s