Wajah :-) dan :-( di Pertamina


pertamina-1(Foto: Koran Kontan) Wajah senyum dan wajah cemberut menyiratkan banyak makna dalam upacara pergantian jabatan. Seperti juga yang terjadi di Pertamina, kemarin. Bicara soal wajah, tahun-tahun terakhir Pertamina mencoba mengubah ‘wajah’-nya dengan logo baru, iklan-iklan baru dengan jargon Pasti-Pas-nya, dan upaya branding yang lain. Lumayan, meskipun terlambat puluhan tahun.

Merek atau Brand sesungguhnya bukanlah sebatas logo. Brand adalah reputasi, apa yang dipersepsi orang terhadap perusahaan. Jadi untuk membuat persepsi orang akan brand kita positif, tidaklah cukup dengan iklan atau lagu atau warna. Perilaku perusahaan yang nota bene adalah perilaku para pegawainya, kualitas produk dan layanannya serta keterpercayaannya di masyarakat itulah yang hakikatnya akan membentuk pendapat orang akan merek kita.

Pertamina harus bekerja sangat keras untuk itu. Slogan “Kita Untung, Bangsa Untung” bisa jadi berkesan “menumpang” pada nasionalisme kosong untuk berjualan. Bukti bahwa bangsa untung karena Pertaminalah yang menjadi kunci berhasil tidaknya kampanye ini.

Melihat “smiley” dalam wajah Pertamina ini, rasanya ada yang segar di perusahaan paling diminati oleh para mertua ini. Tetapi lebih tepat lagi, kita buktikan beberapa waktu kedepan. Korupsi, ah sudahlah … itu ada, bagaimana akan mengikisnya? Devisa .. apakah masih mungkin dengan tingkat impor yang cukup tinggi? Citra retail … mampukah bertahan ditengah desakan SPBU asing yang justru lebih ramah dari SPBU Indonesia .. mampukah Pertamax mengungguli .. bensin super-nya Shell?

Jawabannya hanya satu, harus bisa! Selamat, Pertamina.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s