Kata Terindah Dalam Bahasa Indonesia


Dalam banyak hal, orang Indonesia terkesan lebih mudah melihat sisi buruk mukanya sendiri daripada menemukan kebanggaan dari apa yang dimilikinya. Sangat berbeda dengan orang Thailand yang saya kenal misalnya, mereka begitu bangga dengan negaranya meskipun tidak mengatakannya secara verbal. Paling tidak mereka selalu menggunakan nilai-nilai mereka sendiri, tidak underdog berhadapan dengan orang asing dan yang pasti jarang atau hampir tidak pernah saya dengar mereka menggunjing negatif negaranya sendiri meskipun kondisi mereka sedang prihatin seperti saat ini.

Jadi apa yang layak kita banggakan dari kehidupan berbangsa kita? Salah satunya adalah adanya bahasa Indonesia, bahasa nasional yang menyambungkan ratusan suku bangsa di kepulauan Nusantara ini.

Bahasa Indonesia jika dipergunakan dengan bijaksana dan cermat akan melahirkan pula karya tulis yang indah dan bermutu. Jika dituturkan dengan pandai ia juga bisa melahirkan puisi kata atau argumentasi yang meyakinkan. Syaratnya memang kita harus mencintai terlebih dahulu kemudian belajar terus mempergunakannya secara baik dan benar.

Untuk menyentil kecintaan saya dan Anda akan bahasa Indonesia, perkenankan saya sampaikan sebuah pertanyaan: apakah kata paling indah dalam bahasa Indonesia menurut Anda?

Kata-kata selalu memancarkan auranya masing-masing. Jika dipergunakan dengan pas, seringkali ia laksana berlian yang berkilauan, bersinar-sinar indah. Orang bilang, untuk mudahnya ambil saja tulisan Goenawan Mohammad, Anda akan mneemukan kata-kata yang benar-benar hidup dalam rangkaian paragraf-paragrafnya. Andrea Hirata juga mampu merangkai kata yang hasilnya luar biasa hidup dalam bukunya. Pengguna bahasa yang baik lainnya dimata saya diantaranya adalah Dr Liek Wilardjo, Pak Amin Rais, Romo Mangun (Alm.), Taufiq Ismail dan Anggoro Gunawan. Yang disebut terakhirnya ini, tidak terlalu terkenal, tetapi coba baca tulisannya di majalah A Plus (A+). Nama lain tentu masih banyak, Anda juga boleh menambahkan di sini.

Secara tunggal, sebuah kata juga memiliki keindahannya sendiri, entah dari maknanya atau rima bunyinya. Bandingkan saja misalnya kata contreng dengan kata nurani. Ada nuansa kasar, keras, dari kata contreng sementara nurani menyiratkan sebuah kelembutan dan keelokan tersendiri, lepas dari maknanya.

Tidak ingin berpanjang kata, silakan temukan kata yang indah itu. Jika berkenan, masukkan ke dalam poling dalam blog ini. Semoga bahasa Indonesia semakin maju dan dicintai.***

One thought on “Kata Terindah Dalam Bahasa Indonesia

  1. min, aku kok dadi gr ya …
    ——————————————————-
    rasah gr. (Tidak perlu gr) orang pejabat penilainya bukan dewa(n) bahasa.
    Ngomong-ngomong, ‘sendalu’ itu apakah kata dari bahasa Indonesia? Apa artinya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s