Penulisan Annual Report (4) TOC: Titik Awal Pengembangan Isi dan Desain


Annual Report: Penting darisisi hukum maupun bisnis.

Setelah materi Annual Report terkumpul entah berdasarkan wawancara oleh pihak ketiga maupun oleh tim internal perusahaan, segera bisa disusun TOC atau Table of Content atau Daftar Isi dari buku laporan tahunan ini. Titik penting lahirnya TOC ini adalah seperti membuat kerangka berpikir bagi penulis sehingga urutan berpikir menjadi logis dan tidak ada informasi yang tertulis berkali-kali atau justru tertinggal.

Dari sisi teknis produksi, TOC yang sempurna akan membantu desainer membuat estimasi halaman dan pengembangan desain jauh di awal waktu. Akibatnya, pada saatnya nanti manakala tulisan sudah sepenuhnya siap, disainer dengan cepat akan menempatkannya dalam lay out yang telah disiapkan. Perubahan visual yang terjadi menjadi minor.

Diskusi mengenai susunan TOC biasanya menyangkut logika informasi utama vs pendukung, atau highlight vs detail. Keduanya bisa dipertukarkan atau dihilangkan bergantung pada kasus laporan ada. Logika informasi utama vs pendukung mengakomodasi arah kebijakan perusahaan untuk menampilkan keunggulan perusahaannya di awal sehingga akan menjadi point of interest seketika ketika pembaca menelusuri isi laporan tahunan ini.

Logika highlight vs detail mengakomodasi pembaca untuk mengetahui inti laporan dalam waktu yang singkat. Jadi dalam sekejap pembaca bisa menangkap pesan dari buku laporan tahunan.

Pengalaman menyusun annual report, akan membuat kewaspadaan yang tinggi dalam membuat TOC. Kewaspadaan ini menyangkut kelengkapan isi (dengan acuan ARA misalnya), logika atau alur penuturan dan akomodasi atas isi laporan yang khas dalam sebuah perusahaan.

Pengalaman juga akan membuat TOC menjadi solutif bagi masalah-masalah overlapping informasi ataupun lahirnya ide-ide sgar dalam membuat laporan tahunan menjadi easy to read, easy to navigate dan didukung appropriate design.***

3 thoughts on “Penulisan Annual Report (4) TOC: Titik Awal Pengembangan Isi dan Desain

  1. Pak Amin,

    Betul pengalaman menyusun Annual Report akan sangat memudahkan proses penulisan. Terlebih jika si penulis juga sangat memahami ranah dan lingkup investor relations.

    TOC, semua sudah ada aturannya. Untuk perusahaan go public (emiten) mengacu aturan Bapepam LK. Sementara untuk BUMN ada aturan (yang intinya sama) mengacu kepada SK Meneg BUMN No 117/2002.

    Untuk ARA, ada critical points yang menjadi acuan penilaian yang harus diwaspadai para penulis/penyususn Annual Report.

    1. Analisa dan pembahasan manajemen atas kinerja manajemen (bobot peniliaian 25%)

    2. GCG (bobot peniliana 30%)

    3. Informasi Keuangan (20%)

    Sisanya, menyangkut teknis penulisan dan lainnya.

    Salam

    ——————————————————
    Setuju Pak. Setelah mengetahui rambu-rambunya, penulis AR selalu harus berpikir analitis dan kritis terhadap semua data yang ada, meskipun ujungnya tetap ada pada kehendak dari perusahaan yang bersangkutan. Penulis AR yang baik, pasti membantu perusahaan membuat laporan yang logis dan tidak ‘lebay.’

    Sukses selalu.

    • Pak Hary yang budiman, outline AR sudah disediakan oleh Bapepam dalam standarisasi AR menurut komite Annual Report Award (ARA). Standar Internasional juga ada menurut OECD. Selain itu kita mengenal ada IICD (Indonesia Institute of Corporate Directorship) yang bisa menjadi acuan untuk menyusun laporan tahunan.

      Namun, cara penulisan maupun strukturnya tentu saja tergantung perusahaan ybs. Sebuah perusahaan tambang tentu berbeda dengan Bank, misalnya. Yang sama adalah unsur-unsurnya yang bisa dilihat dalam tulisan saya di blog ini: Penulisan AR menurut ARA.
      Semoga membantu.
      Salam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s