Devaluasi Istilah


Tidak ada Pertemanan Abadi, yang ada adalah kepentingan Abadi, kata kritikus politik untuk para politisi dalam melakukan manuver-manuver. Kritik menyindir ini lama kelamaan karena diajarkan di bangku kuliah sebagai sebuah bahasan ‘fenomena‘ maka para lulusan universitas yang menjadi politisi sering mengutipnya. Akhirnya para politisi sendiri yang mengucapkannya sebagai sebuah pemakluman atas segala koalisi dan kaukus atau apapun namanya! Aneh sekali, cap miring sekarang menjadi sebuah keniscayaan yang dimaklumkan!

Di Bantul, setelah gempa dahsyat melanda, publik dibuat kagum oleh kekuatan lokal yang mampu menyiasati keadaan dengan kemampuan sendiri. Mereka mengelola dana bantuan pemerintah dengan arif sehingga semua orang bisa merasakan manfaatnya secara nyata dan jangka panjang. Di pedalaman, suku Dayak memiliki kemampuan mengelola hutan dengan bijaksana. Pun di wilayah lain ada kearifan seperti ini. Kemudian media massa dan para pejabat publik menyebut fenomena ini sebagai: kearifan lokal. Tetapi di daerah, para pelaku sekarang menjadi korban istilah, sehingga mereka menyebut kegiatan mereka dengan Kegiatan Kearifan Lokal. Bahkan akhirnya ada “dana kearifan lokal.” Menyebut diri kita sebagai orang arif tentu bukan pilihan bahasa yang bijaksana bukan?

Terminologi Bad News is Good News sudah jadi resep standar pewarta maupun pembaca media. Ahli komunikasi juga mengamini statemen ini. Akhirnya pembaca memaklumi kalau head line media selalu berita buruk. Maklum. Pun pewarta selalu mencari berita buruk untuk jadi laporannya. Berita baik adalah bukan berita.

Tapi semua berbalik ketika membaca berita olah raga. Berita kemenangan tim perahu naga Indonesia di Asian Games adalah berita baik yang ‘berita.’ Jadi bad news is good news tidak berlaku di sini.***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s