Presentasi Keren Dengan PREZI


presentasi Membosankan

Melakukan presentasi di jaman sekarang sudah jamak mempergunakan aplikasi komputer seperti Power Point yang amat sangat populer itu. Meskipun dikenal pula aplikasi semisal Keynote yang menjadi standar platform Mac (Apple), atau Flash yang lebih rumit.

Penampilan PowerPoint yang ‘begitu-begitu saja’ semakin mendorong orang untuk mencari aplikasi presentasi yang lebih keren. Gaya presentasi Steve Jobs banyak mengilhami orang tentang bagaimana menjual gagasan melalui tayangan presentasi yang baik. Memang, PowerPoint sudah mencukupi untuk berbagai kebutuhan presentasi, apalagi kalau dibanding jaman masih menggunakan Overhead Projector! Waduh, jadul abis ya?

overhead projector
Ini buat yang lahir tahun 2000-an dan belum pernah lihat Overhead Projector!🙂

Saat ini selain PowerPoint, banyak aplikasi canggih yang bisa dipakai untuk membuat presentasi keren. Sebut saja Prezi, Go Animate, Google Docs, Sliderocket, Zoho Show dan Slidesnack. Apa dan bagaimana sih aplikasi-aplikasi itu? Semua aplikasi tersebut semuanya memasimalkan kemampuan untuk membuat pergerakan gambar dalam presentasi yang lebih dinamis dan menarik. Fitur yang khas dari semua aplikasi itu adalah kemampuannya untuk mudah di share ke jaringan internet dan media sosial. Betapa memang kita hidup di jaman interkoneksi ya?

Baiklah kita akan coba bahas beberapa aplikasi itu, yakni Prezi, Go Animate, Google Docs dan Zoho Show.

1. Prezi
Prezi adalah sebuah aplikasi yang berbasis komputasi awan. Jadi kita bisa diarahkan untuk memiliki akun di http://www.prezi.com kemudian membuat presentasi dan menempatkannya dalam penyimpan di akun kita (server). Alhasil, presentasi kita bisa dibuka di mana saja (asal ada koneksi internet!) lengkap dengan editan terakhir yang kita lakukan.

Konsep tampilan Prezi adalah seperti membuat Mind Map yang bisa ditampilkan sepotong-sepotong dengan cara zooming. Hasilnya sangat menawan dan peralihan hambarnya begitu halus dan menghipnotis.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=pxhqD0hNx4Q

2. Go Animate
Seringkali saat membuat file di Power Point, kita tergoda untuk membuat animasi yang lebih dari sekedar gambar-bambar yang bergeser lurus atau berpola. Nah, Go Animate memiliki kemampuan itu! Bahkan ia bisa membuat gerakan mata dan bibir seorang tokoh kartun! Luar biasa sekali, apalagi semuanya bisa dibuat dengan memanfaatkan library image yang disediakan.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=CX1czVe4oHg

Lupakan membuat Flash untuk membuat semua animasi keren itu. Dan jangan lupa hasil kreasi Anda bisa di download atau share. Terserah Anda.

3. Google Docs
Google memang paling mengerti kebutuhan penggunanya. Layanan dan fiturnya bisa dibilang sungguh Wow!, karena sangat lengkap, termasuk adanya aplikasi Google Docs ini.

Google Docs memang masih mengingatkan kita pada Power Point, tetapi keunggulannya adalah karena aplikasi ini gratis.

4. Zoho Show
Zoho Show juga sebuah aplikasi yang canggih untuk mengkreasi sebuah file pemaparan. Keunggulannya selain animasi yang tidak linear, juga pada kemampuannya untuk mengaokomodasi kerja tim dalam pembuatan presentasi ini, bahkan ketika tim berada di tempat yang berjauhan.

http://www.youtube.com/watch?feature=player_embedded&v=aF5152yYROk

Nah, jadi lebih semangat untuk memenangkan perhatian audiens atau calon klien Anda? Memang untuk itu harus ada kocek yang keluar, selain kemauan untuk mempelajari hal yang baru.***

2 thoughts on “Presentasi Keren Dengan PREZI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s