Semangat dari Budi Rahardjo


images
Pak Budi Rahardjo: Kalau ingin rileks saya ngoding.

Lamaaaa sekali saya tak menulis di Blog ini. Tapi hari Jumat (24/10) tiba-tiba sebuah energi untuk menulis lagi terbit karena pengaruh seorang yang luar biasa, dan baru hari itu saya kenal.

Namanya Budi Rahardjo. Orang yang nyentrik namun (seperti biasa) penuh antusias terhadap dunia teknologi informasi dan dunia kemanusiaan. Orang yang mumpuni di suatu ilmu biasanya memang memiliki sensistivitas tinggi terhadap kemanusiaan, dalam arti perihal manusia, bukan sebatas tepa selira saja.

Energi menulis itu muncul di dua jendela: pertama jendela komen di blog beliau Padepokan Budi Rahardjo dan kedua di jendela Add New Post saya sendiri. Yang pertama memang sudah seharusnya dilakukan, yaitu mencurahkan apresiasi saya kepada Beliau lewat komen, dan yang kedua juga harus saya lakukan karena siapa tahu beliau ngeklik nama saya dan masuk ke blog ini. Nah, kalau tulisannya nggak update, kan kurang manteb.🙂

Tapi yang jauh lebih bermutu dari alasan itu, adalah bahwa Pak Budi ini menambah khasanah pemikir dan pemikiran yang membuat saya makin optimis dengan masa depan bangsa ini. Masih ada (dan mungkin banyak) orang-orang dengan kemampuan super dengan dedikasi super dan dengan langkah konkrit yang super tanpa tergoda untuk nyinyir super juga seperti yang banyak berkibar di media sosial.

Proyek beliau terbaru yaitu membuat Smartphone yang Indonesia banget adalah sebuah jawaban nyata dari diskusi ahli-ahli dadakan yang banyak membaca literartur medsos di setiap sudut warung kopi atau smoking room hingga ruang-ruang rapat kantor. Kita kaget, tepatnya saya kaget, ternyata proyek itu ada yang melakukan di sini. Selama ini kita menduga bahwa itu hanya bisa dikerjakan oleh Lei Jun dengan Xiaomi atau John Ma dengan Alibaba. Apalagi sekarang ini perusahaan teknologi ‘Samurai’ seperti Sony, Sanyo , Toshiba, Sharp, Panasonic dll dikabarkan bertekuk lutut dengan pendekar teknologi baru seperti Samsung, LG dan tentu saja Apple. Apalagi sekelas kita?

Inilah penampakan Smartphone IVO made in Indonesia. (Foto daiambil dari Kaskus)
Inilah penampakan Smartphone IVO made in Indonesia. (Foto daiambil dari Kaskus)

Belum banyak yang saya tahu tentang Budi Rahardjo, tetapi persentuhan pertama saya yang samar-samar (maklum saya satu dari leih dari 300 audiens) telah memantik semangat dan energi kreativitas bagi saya dan kami. Tentu sesuai kapasitas yang saya  dan kami miliki.

Sungguh, saya akan mencari lagi informasi tentang orang ini dan sepak terjangnya. Semoga terhubung lebih luas dengan orang sejenis lainnya.***

2 thoughts on “Semangat dari Budi Rahardjo

Tinggalkan Balasan

